Minggu, 25 Februari 2024

Ketenangan Dalam Pemeliharaan Tuhan

Ringkot 25 Feb 2024


Bpk. Pdt. Ranly Kojo

Mzm 23 :1-6

Ketenangan sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh semua orang dalam menjalani kehidupan yang penuh tantangan, pergumulan, dan ketidakpastian. Akibatnya manusia sering menjadi bingung, lelah, dan merasa tidak berdaya.

Namun bersyukurlah bahwa Firman Tuhan yang menjadi sandaran kita bahwa dalam kehidupan kekristenan kita ada jaminan ketenangan dan kekuatan dari Tuhan seperti tertulis dalam Mazmur 23 ini.

Pasal 23 ini ditulis 3000 tahun yang lalu. Firman Tuhan tidak berubah sekalipun zaman mengalami banyak perubahan.

Pemeliharaan seperti apa yang dijanjikan bagi kita supaya kita jangan sampai berhenti melihat kebaikan-kebaikan Tuhan?

I Kor 10:13 ingatlah pencobaan yang dialami tidak pernah melebihi kekuatan kita. Jangan berhenti mengikut Tuhan karena Dia-lah yang memelihara kita

Dalam Mzm 23, Daud menggambarkan bahwa Allah kita adalah Pribadi yang penuh kasih seperti gembala bagi kawanan domba-Nya. Ada perhatian, perlindungan, dan memberikan persediaan kebutuhan hidup kita.

Perbuatan Tuhan seperti yang dideskripsikan dalam Mzm 23 adalah sebagai berikut :

1. (Ayat 1). Tuhan selalu berada di bagian depan bagian hidup kita untuk membuka jalan dan menyediakan kebutuhan hidup kita. Bukan hanya memimpin tapi juga melindungi kita melindungi kita agar tidak jatuh dalam hal - hal dosa. Domba tidak dapat hidup sendiri. Jikalau jatuh terperosok dia tidak sanggup menolong dirinya sendiri.


2. (ayat 2-3) ada pemeliharaan dan pimpinan Tuhan yang maksimal dan sempurna agar kita menikmati kecukupan bahkan kelimpahan. Bersyukurlah jangan mengeluh. Ingat ada Tuhan yg menawarkan kepastian.

3. (ayat 4) Tuhan melindungi kita dari bahaya. Seperti gembala yang melindungi dombanya dari serangan bahaya demikian juga Tuhan pasti melindungi kita.

Karakter rohani yg harus kita punya untuk mengalami pemeliharaan Tuhan sebagai Gembala adalah :

1. Percayakan kehidupan kita kepada-Nya. Serahkan segala kekuatiran, kegelisahan  kegalauan kita kepada Tuhan. Tetap menjaga optimisme jangan menjadi pesimis karena keadaan hidup. Jangan berhenti berseru kepada- Nya karena Dia adalah Gembala yamg baik dan setia. *pertolongan Tuhan pasti datang sesuai waktu Tuhan* ♡♡♡♡♡
(Amsal 3:5-6) mempercayakan hidup dengan segenap hati tidak setengah setengah. Semua orang yang serius dengan Tuhan pasti mengalami pertolongan Tuhan. Karena oarang yg sungguh2 pasti tidak akan bersandar pada kekuatan dan pikirannya sendiri namun menyandarkan semua impiannya, harapannya, bahkan masa depannya kepada Tuhan. Sehingga kita akan mengalami kesegaran jiwa dan tuntunan Tuhan hingga kita sampai pada kehidupan yangbtenang dalam pemeliharaan Tuhan.

2. Merendahkan diri. Yakobus 4:10 (TB)  Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu. Menjadi orang yang mau dibimbing Tuhan artinya orang yang mau menuruti Firman Tuhan. Taat total terhadap petunjuk Firman Tuhan. Upayakan untuk selalu membangun relasi dengan Tuhan agar kita bisa lebih peka menangkap pesan Tuhan yang membawa kita pada kesempatan2 yang baik.

3. Menyelami Firman Tuhan. (Ayat 3) jo.
Yosua 1:7 (TB)  Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi.

4. Berdoa dengan Iman. (Ayat 4) tetap minta dan harapkan Tuhan menjadi bagian yang aktif dalam kehidupan kita. Aktif bekerja dan menolong. Kita harus aktif mendekat dan berdoa ada jaminan kalau kita berseru kepada Tuhan  *Yeremia 33:3
Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.*

5. Mengandalkan Tuhan (Mzm 23 : 5-6) adalah jaminan Tuhan selalu hadir dan tidak meninggalkan kita. Dia ada mendemonstrasikan cinta dan pembelaan-Nya dihadapan para lawan kita. Yeremia 17:7 (TB)  Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!

Mari kita serahkan dan percayakan hidup kita kepada Penggembalaan Tuhan. Kita pasti akan menikmati pimpinan dan tuntunan Tuhan. ***











Tidak ada komentar: