Selasa, 31 Mei 2022

Roh Kudus dan Pendosa

#MengenalRohKudus

#Momentum10hari


oleh : Riris E


Kisah 19:2 Katanya kepada mereka: "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya?" Akan tetapi mereka menjawab dia: "Belum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus."


Ayat tersebut di atas mencatat dialog antara Rasul Paulus dengan murid-murid di Efesus. Roh Kudus adalah Pribadi Penolong dan Penghibur yang dijanjikan Tuhan Yesus untuk murid-murid-Nya. Sebagai bentuk Penyertaan-Nya sampai kesudahan alam.


Begitu pentingnya peran Roh Kudus maka dengan penuh gairah dan sukacita Rasul Paulus menanyakan ini.


Saya yakin kepenuhan Roh Kudus juga menjadi kerinduan orang percaya. Namun ada beberapa pandangan pribadi yang membuat beberapa orang sulit mengalami kepenuhan Roh Kudus. Salah satunya adalah : Merasa diri belum suci sempurna maka Roh Kudus tidak akan mau memenuhi.


Roh Kudus memang Roh Allah Yang Mahasuci. Dia mau tinggal dengan betah di dalam diri orang yang menjaga dengan sungguh-sungguh kesucian hidupnya. Namun Roh Kudus juga Roh Allah yang Mahapengasih sama seperti Tuhan Yesus pengasih. Karena sesungguhnya, Roh Kudus dan Tuhan Yesus adalah satu (I Yohanes 5:6-8)


Jadi, benarkah Roh Kudus hanya mau memenuhi orang yang sudah suci sempurna?


Salah satu fungsi Roh Kudus adalah menginsyafkan dunia dari dosa atau kesalahannya (Yoh 16:8)


Jika kita saat ini sedang menyadari bahwa kita ini orang berdosa dan merasa tidak berdaya (tersiksa) untuk lepas dari keterikatan dosa serta mau sungguh-sungguh untuk hidup baru dan diperkenan Allah..SELAMAT!! Itu artinya Roh Kudus tengah bekerja dalam hidup kita.


Roh Kudus tidak hanya menginsyafkan, Dia mau menolong orang percaya untuk lepas dari keterikatan dosa lalu hidup baru sesuai kehendak Allah. Ketika keterikatan terhadap dosa sudah terlepas maka kita menjadi saksi bagi kemuliaan nama Tuhan menjadi  pembawa kabar baik bagi sekeliling kita bahkan seluruh  dunia (Kisah 1:8)


Mintalah Roh Kudus memenuhi hatimu. Dia memang Penolong yang Mulia bagi kita, namun Dia tidak pernah akan jual mahal untuk kita. Roh Kudus jauh lebih rindu memenuhi kita lebih dari kerinduan kita kepada-Nya. Jangan sia-siakan momentum yang baik ini. Dia pasti dengan sukacita mau memenuhi kita agar kita :

  1. Terlepas dari keterikatan dosa
  2. Mampu taat sepenuhnya pada kehendak Bapa
  3. Menjadi saksi yang efektiv bagi Tuhan

Mari kita berdoa :

Ya Roh Kudus, aku adalah Pendosa yang ingin bertobat dan senantiasa memperbarui hidupku agar selaras dengan kehendak Allah Bapa di Sorga. Namun semakin aku berusaha dengan kekuatanku aku makin terikat dengan dosa-dosaku. Hari ini aku diingatkan Engkau adalah Penolong yang dijanjikan Tuhan Yesus kepadaku. Kini aku mohon masuklah di dalam hatiku penuhi ku agar aku ada di bawah pimpinan dan kuasa-Mu. Beri aku kuasa untuk mengendalikan diriku agar perkataan, keputusan, dan tingkahlaku ku sesuai dengan kehendak Bapa. Agar aku makin kuat menjaga iman, pengharapan, dan kasihku kepada Tuhan Yesus Kristus. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus aku berdoa dan percaya. Amin

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Amien,Halleluya 12x👍👍🙏🙏