Rabu, 29 Maret 2023

IMAN

Ringkot, 29 Maret 2023

Rayon 7


Bpk. Nehemia Suharianto


(Ibrani 11:1)

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.


Keadaan dunia akhir zaman banyak mempengaruhi keimanan kepada Tuhan. Banyaknya kesulitan yang harus dihadapi menguras kekuatan iman.


Beriman berarti yakin sungguh-sungguh terhadap apa yang kita harapkan, dan dengan kepastian tehadap segala hal yang belum kita lihat


Kehidupan kekristenan adalah perjalanan iman. Hari lepas hari berdasar kebenaran Firman Tuhan (Roma 10:17) Iman timbul dari pendengaran oleh Firman Tuhan. Ibrani 11: 6 Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.


Intinya apapun yang kita hadapi, seberat apapun masalah yang harus kita pikul harus tetap percaya bahwa pada saat kita meminta tolong kepada Allah pasti akan diberikan jalan keluar. Inilah upah yang diberikan Allah sebagai upah bagi mereka yang sungguh-sungguh mencari Allah.


Iman : faith : pistis : pisteuo :~> percaya berdasarkan kebenaran Firman Tuhan


  • iman artinya percaya meskipun belum melihat (Yohanes 20:29) berbahagialah orang yang percaya meskipun belum melihat. 2 Kor 5:7 ~> kehidupan iman yang seharusnya adalah hidup karena percaya bukan karena melihat.
  • Iman itu TAAT melakukan kehendak Tuhan. Taat berapapun harga yang harus dibayarkan. Ketaatan kepada Tuhan menjadi kunci datangnya pertolongan. Egg : • Nuh tetap taat mengerjakan bahtera sekalipun ditertawakan sekelilingnya. • Simon yang taat menebarkan jala sesuai dengan Perkataan Tuhan

2 komentar:

YHS mengatakan...

Amin.....trimakasih catatannya...

Y.Sulistiono mengatakan...

Amien,Halleluya 👍👍