Minggu, 19 Maret 2023

Menjaga Kesehatan Rohani

 Ringkot, 19 Maret 2023


Bpk. Pdm. Jonathan Johanes


Menjaga Hati, Lidah, Mata, dan Kaki


Ada beberapa anggota tubuh yang ikut menentukan kesehatan rohani kita. Keputusan kita tentang bagaimana menggunakannya menentukan bagaimana keadaan hidup kita.


Amsal 4:22-27

  1. Hati

Ayat 23 : hati secara anatomi terletak di rongga dada. Hati disebut juga dengan liver. Kesehatan jasmani bisa ditentukan oleh kehidupan rohani.(Ams 17:22) Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang. Hati manusia mencerminkan manusia itu sendiri (Ams 27:19) apa yg tersimpan dalam hati seringkali akan meluap melalui ucapan, perbuatan, dan sikap.


Contoh permasalahan yg timbul karena tidak menjaga hati :

Lot : Memilih Sodom dan Gomora

Daud : terjadinya perzinahan dengan Betsyeba

Yudas : mengkhianati Tuhan Yesus


Doa Paulus adalah agar hatinya diisi penuh dengan damai sejahtera (Filipi 4:7 Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus).


2. Mulut 

Amsal 4:24 Buanglah mulut serong dari padamu dan jauhkanlah bibir yang dolak-dalik dari padamu.


Lidah atau memiliki kuasa untuk menentukan keadaan kita dan orang di sekitar kita. Dari lidah yg kecil itu bisa keluar kalimat yg menguatkan namun juga bisa meruntuhkan. Bisa membangkitkan juga mematikan.


I Petrus 3:10 Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.


  3. Mata

Amsal 4:25 Biarlah matamu memandang terus ke depan dan tatapan matamu tetap ke muka.


Arahkan pandangan matamu hanya kepada Tuhan dan semua kebenaran-Nya. Matius 6:22-33 Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu;(23)jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.


Tatapan mata yg lurus ke depan juga memiliki makna pikirkan tentang masa depan jangan terikat dengan kenangan masa lalu. Biarlah tatapan mata kita tetap ke depan hanya kepada Tuhan, bukan kepada illah illah lain


 4.  Kaki


Amsal 2:27, tentukan arah kaki kita agar hidup kita tetap berjejak di jalan yang rata (yang sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan)


Jauhilah kejahatan tempuhlah jalan yg benar dan lurus (Yoh 14:6) Tuhan Yesus adalah jalan yang lurus. Mari kita berjalan menurut petunjuk dan firman-Nya.







Tidak ada komentar: