Minggu, 12 Maret 2023

Musim Kehidupan

 Ringkot 12 Maret 2023


Bpk. Pdt. Markus Mochtar

GPdI Sion Kerebet Wlingi


Musim Kehidupan


Kejadian 8:22 Selama bumi masih ada, takkan berhenti-henti musim menabur dan menuai, dingin dan panas, kemarau dan hujan, siang dan malam."


Ini merupakan otoritas Allah dalam menetapkan musim alam semesta.


Lukas 5:4-5, Simon dan teman2nya mengalami kegagalan dalam menangkap ikan meskipun dia sangat berpengalaman sebagai nelayan. Ini disebut sebagai musim kehidupan - kegagalan (sepanjang malam bekerja keras namun gagal mendapatkan ikan) 


Musim kehidupan tidak dapat diprediksi ataupun dihalang-halangi. Yang terjadi ada yang memang harus terjadi agar kita bisa mengalami Tuhan dalam setiap musim. Hadapi setiap musim kehidupan dengan pikiran yang positif dan tidak menyalahkan Tuhan. Agar kita mampu bertahan dan menghadapi permasalahan baik secara jasmani terlebih secara rohani. Karena untuk segala sesuatu ada masanya (Pkh 3:1)


Daniel 2:21 Dia mengubah saat dan waktu, Dia memecat raja dan mengangkat raja, Dia memberi hikmat kepada orang bijaksana dan pengetahuan kepada orang yang berpengertian;


 Insight nya : saat diberkati berlimpah2 tetap reandah hati, jangan lupa Tuhan, dan jangan lupa diri. Jangan pula berkecil hati saat mengalami musim sulit.


Dalam kitab Daniel, Nebukadnezar mengalami hal yang mengerikan karena keberhasilannya membuat raja lupa diri dan sombong. Selain kehancuran Nebukadnezar akan menjadi seperti binatang


Apapun musim kehidupan yang kita alami percayalah bahwa Allah selalu ingat janji-Nya; memperhatikan kita ; peduli; dan mau menolong kita. Allah selalu merancangkan masa depan yang indah seperti tertulis dalam Yeremia 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.


Ingatlah selalu bahwa dalam segala perkara Allah turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagiborang yg percaya (Roma 8:28) kita harus bekerjasama dengan Allah. Respon yang baik terhadap rencana Allah akan membuat kita bisa bekerjasama dengan Allah. Salah sayu bentuk kerjasama yg baik adalah hidup bersepadanan dengan Firman Allah. Jika Allah itu Kudus dan Suci maka kita pun harus mengupayakan hidup kudus dan suci.


Lukas 5:5, saat Simon taat dengan perintah  Tuhan menebarkan jala ke kanan mukjizat terjadi. ~ respon taat Simon ini mengubah musim gagalnya menjadi berhasil dengan tempo yang sesingkat-singkatnya.


Musim yg selalu berubah menunjukkan bahwa cerita kehidupan kita selalu berubah. Ada musim menyedihkan ada musim menyenangkan; sikap yang diharapkan adalah menjaga hati yang selalu bersyukur


Ams 12:22


Galatia 6:9 Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.


Tetap menabur agar kita menuai Mzm 126:5 - 6; orang yg menabur sambil menangis akan menuai dengan - pada musim yang tidak menguntungkan (krisis) untuk menabur; kondisi yang sulit dengan segala permasalahan yang belum terselesaikan. Tetaplah menabur karena hal baik yang kita tabur saat sulit akan menghasilkan tuaian yang menyenangkan.









2 komentar:

Y.Sulistiono mengatakan...

Amien, Halleluya, trimakasih bu Riris 🙏🙏

Anonim mengatakan...

Amin Haleluya Terpujilah Tuhan....