Minggu, 29 Januari 2023

Di Dalam Kelemahanku Kuasa-Mu Nyata

 Ringkot, 29 Jan 2023


Bpk. Pdt. Stevanus Pamintarso

Kesambi, Kediri


2 Kor 12:7 Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.


Duri dalam daging ini merupakan utusan iblis yg menggocoh Paulus dan menyebabkan sakit. 3 kali dia meminta kesembuhan namun Ternyata itu menjadi sarana pembuktian kekuasaan Tuhan (9-10) dalam kelemahan kita maka sesungguhnya kita kuat.


Kesibukan dan aktivitas kita jangan sampai membuat kita lupa bahwa kita butuh Tuhan butuh pimpinan Roh Kudus. Tetap milikilah waktu untuk terus bersekutu dengan Tuhan agar kekuatan dan kesegaran rohani kita terjaga.


Karena sesungguhnya kebahagiaan sejati hanyalah dekat dan mengenal Tuhan. Biarlah ketidakterbatasan Roh Kudus membawa kita yang serba terbatas ini mengalami hal2 yg luar biasa. Roh Kudus akan membawa kita dari satu kemuliaan demi kemuliaan.


Kesulitan, kelemahan dan pergumulan memberikan kita pelajaran untuk senantiasa rendah hati dan mengakui kekuasaan Tuhan dalam segala aspek hidup kita.


Beberapa contoh tokoh yg mengalami kuasa Tuhan dalam keterbatasannya :


  1. Kel 4:10, pengakuan Musa bahwa dia tidak Fasih Lidah saat dipanggil Tuhan untuk memimpin Israel keluar dari Mesir. Karakter Musa yang tidak berubah adalah dia lemah lembut
  2. Perempuan pendaharan 12 tahun. Dia lemah dan jatuh miskin karena usahanya untuk sembuh. Berita tentang Yesus membangkitkan harapan dan imannya. Bahwa asal dia menjamah jumbai jubah Tuhan dia pasti sembuh. Imannya kepada Yesus menyembuhkan dia. (Mat 9:20-22)- - Tuhanlah yang berkuasa mengubah nasib buruk menjadi nasib baik.
  3. Penyanyi kecil yg buta (Grezia Ephipania) lahir dalam kondisi buta; ayahnya kecewa bahkan menolak dia. Kekecewaan membuat ayahnya meninggalkan Tuhan. Namun ketika talenta Grezia terasah dia bukan saja membangkitkan iman ayahnya dan kembali kepada Tuhan. Dan dari talentanya untuk bermusik dan menyanyi dia memberkati banyak orang.







Tidak ada komentar: