Kamis, 05 Januari 2023

Allah Memimpin, Melindungi, dan Menjamin Kita

Ringkot, 1 Jan 2023

Pdm. Jonathan Johanes

Amsal 23 :18 Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang.

Sesungguhnya tidak ada masa depan yang suram bagi orang yang percaya dan hidup mengandalkan Tuhan. Karena Tuhan sudah berjanji seperti yang tertulis dalam  Amsal 23 :18 Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang.

Memang tidak dapat dielakkan bahwa dalam perjalanan kehidupan manusia penuh dengan perjuangan. Berjuang mengatasi rintangan, berjuang menyelesaikan masalah, berjuang mengatasi setiap persoalan. Ada saat perjalanan terasa begitu indah, ada juga masanya perjalanan terasa begitu gelap dan menakutkan seakan tidak ada harapan.

Namun patut kita syukuri bahwa sebagai orang percaya, kita mengetahui bahwa Allah yang kita sembah adalah setia dan tidak pernah meninggalkan. Allah Bapa kita adalah Bapa yang bertanggungjawab memelihara dan mengasihi umat tetebusan-Nya. Hal itu bisa kita lihat dari kisah pembebasan bangsa Israel dari Mesir. Seperti tertulis di bawah ini :

Kel 13:17-21

1. Tuhan senantiasa merencanakan yg baik bagi anak2-Nya. Dan segala rencana yg tertuang dalam janji2-Nya hanya bisa tergenapi saat kita mau meninggalkan “Mesir rohani” (kebiasaan buruk dan dosa yang mengikat). Janji Allah tergenapi jika kita memenihi syarat untuk menerima.

 

2. Bukan hanya merancangkan hal yg baik, tapi juga melakukan yang baik, bahkan terbaik. Allah menuntun bangsa Israel tidak melalui jalur terpendek yaitu negeri Filistin, melainkan melalui jalan berputar yang lebih jauh; hal ini untuk menjaga sikap hati mereka agar tetap terpaut pada Allah dan tidak menjadi kecewa saat menghadapi peperangan lalu merindukan untuk kembali ke Mesir. Allah juga memimpin dan melindungi dalam bentuk Tiang Awan saat siang agar tidak sengatan matahari, dan Tiang Api agar tidak kedinginan dihempas badai. selain itu juga memelihara umat dengan menyediakan makanan (manna).

3. Tuhan tahu keadaan dan pergumulan kita. Tidak hanya tahu DIA mau terlibat untuk menolong dan menyediakan kebutuhan kita. Tuhan tahu bahwa selama di Mesir bangsa Israel tidak pernah dilatih atau dipersiapkan untuk berperang mereka menjadi budak saat di tanah Mesir. Dia tahu kalau sampai mereka melewati tanah orang Filistin maka mereka harus mengalami peperangan (yang bisa saja menyebabkan mereka kalah, tewas, dan lalu menjadi kecewa kepada Allah) – ini menjadi alasan Tuhan juga untuk memilih jalan berputar yang lebih jauh.

4.Tuhan tahu yg kita perlukan butuhkan. Karena Allah, Bapa kita tahu, harusnya kita tidak perlu kuatir. Semua keperluan kita dijamin dan pasti dicukupi melimpah oleh Tuhan. Asalkan kita tetap hidup menurut ketetapan-Nya.

 


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Puji Tuhan......... 🙏🙏🙏