Minggu, 22 Januari 2023

Berdoa

Ringkot, 22 Jan 2023


Bpk. Pdt. Yefta Karno

Gempolan, Pakel


Berdoa


Lukas 11:1-2 

Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: "Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya."(2)Jawab Yesus kepada mereka: "Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu.


Di kitab Injil Lukas Yesus digambarkan sebagai manusia, sebagai manusia kehidupan-Nya bergantung penuh pada Tuhan. Yesus memberi teladan bahwa kekuatan kita dalam menjalani hidup adalah bersandar kepada Tuhan melalui DOA. Sebagai umat Tuhan (yg juga manusia) kekuatan kita hanya saat kita bersandar kepada Tuhan.

Murid Tuhan Yesus mengetahui bahwa ada kuasa dan mukjizat ketika berdoa. Oleh sebab itu mereka meminta diajarkan bagaimana harus berdoa. Dalam setiap kebutuhan kita hendaknya kita membawanya dalam doa. 


Mengapa kita harus tetap berdoa? Karena pikiran kita sudah dirusak oleh iblis (Kej 3:1) Iblis menciptakan kesan bahwa Allah itu tidak sebaik yg kita pikirkan. Bahwa Allah itu tidak murah hati padahal sebelumnya dituliskan bahwa (Kej 2 :15-16) semua pohon di taman itu bebas untuk dimakan. Saat itu Hanya ada Adam dan Hawa namun yg disediakan Tuhan jauh lebih banyak dari yang mereka butuhkan.


Tetaplah berdoa meskipun keadaan belum tampak berubah. Tetap percaya bahwa Tuhan itu baik dan bermurah hati kepada anak-anak-Nya. Jangan sampai pikiran kita dirusak oleh Iblis bahwa Allah itu kejam, pelit dan tega. 


Iri hati terhadap keberkatan orang lain; hanyalah menunjukkan ketidakpercayaan kita kepada Tuhan. Seolah kita merasa bahwa Tuhan hanya mengasihi dan mau memberkati orang2 tertentu (pilih kasih). Kita membatasi kasih Allah dengan pikiran dan citra yang kita ciptakan sendiri.


2 Taw 6 :20-21; berisi doa Raja Salomo saat pentahbisan Rumah Tuhan. Salomo meminta 2 hal bahwa mata dan telinga Tuhan tertuju pada umat-Nya. Namun Tuhan memberikan lebih dari itu (2 Taw 7:15-16) Dia bukan hanya meletakkan mata dan telinga, namun juga meletakkan nama-Nya dan hati-Nya. Tuhan memberikan 4 hal penting sementara Salomo hanya meminta 2. Mintalah dengan keberanian dan keyakinan, Tuhan seringkali memberikan lebih dari apa yg sanggup kita pikirkan dan doakan.


Tuhan itu baik, oleh sebab itu untuk kebaikan kita berdoalah senantiasa. Sadarilah bahwa Tuhan itu baik Yoh 6:11 -12. Tuhan memberikan menurut apa yang kita kehendaki bahkan berlebih (rom 28:38)


Jika Yesus saja diberikan apalagi segala yang kita butuhkan untuk hidup di dunia ini. Taukah Kau, Bahwa Tuhan melakukan segala sesuatunya karena mengasihi kita bukan karena apa yg kita perbuat, inilah yang disebut KASIH KARUNIA. Dan KASIH KARUNIA ALLAH masih berlaku atas kita, sekalipun kita kadang masih membawa sampah (dosa) di telapak kaki saat kita melakukan perjalanan hidup ini, namun KASIH KARUNIA ALLAH membuat kita dilayakkan untuk menerima semua kebaikan Allah, sekali lagi semua oleh kasih karunia bukan karena yang sudah kita perbuat.


Tetaplah berdoa, jangan berhenti berharap dan percaya bahwa Tuhan itu baik, murah hati, peduli, dan mengasihi kita semua.

Tidak ada komentar: