Jumat, 22 Agustus 2008

Diskusi Milis Tentang Hukuman Mati (1)

Saya menulis :

Milis sepi niiy...apa kabar semuanya?
Boleh minta pendapat tentang hukuman mati bagi residivis? Bagaimana Pandangan Alkitab tentang hukuman mati bagi para penjahat ini?
kalau misalkan ini pernah dibahas di milis ini, kira-kira saya bisa mendapatkan pendapat2 ini dimana ya? di web GPdI ada tidak ya?

Ivan Karel berpendapat :
Baca Roma 13:4. Selama eksekusi ini di serahkan ke tangan pemerintah tidakmasalah. Tentu pemerintah akan berbuat sesuai prosedur hukum dan se-objektif mungkin.

Pastor Otto berpendapat :
Yang dihukum itu kan dagingnya, dan bila roh residivis itu telah bertobat menerima Yesus sebagai juruselamatnya...pasti kawan kita itu masuk sorga.Kawan kita yg disalib disebelah kanan Yesus itu tetap tergantung di kayu salib oleh karena kesalahan2nya (itu mungkin sama dgn kita jaman ini dgn hukuman tembak), tetapi kita tahu hari itu juga Yesus katakan dia masuk dalam kerajaan sorga karena pertobatannya yg sungguh2.Ok itu aja buat Riris dan salam kenal juga kawan..Tuhan memberkati

Saya menulis :
Oooh...jadi Alkitab memperbolehkan adanya HUKUMAN MATI itu ya? maksud saya, si pengambil keputusan HUKUMAN MATI itu tidak dianggap sebagai "pembunuh" Kan? Kira-kira..apa ya yang dirasakan oleh regu tembak yang bertindak sebagai eksekutor? Apakah mereka didera rasa "takut" atau "bersalah" karena telah menjadi "pembunuh"?

Ivan Karel menjawab :
Implicit...yess.Allah juga bisa berbuat hal ini, cuman bedanya di dunia ini Dia pakaipemerintah yang menjalankannya.Pihak eksekutor bukan pembunuh namun mereka menjalankan tanggung jawabsesuai dgn hukum yg berlaku. Sama saja seperti perang Zus.

Saya bertanya :
Terus...bagaimana dengan ayat ini?
Apakah Aku berkenan kepada kematian orang fasik? demikianlah firman Tuhan ALLAH. Bukankah kepada pertobatannya supaya ia hidup? Sebab Aku tidak berkenan kepada kematian seseorang yang harus ditanggungnya, demikianlah firman Tuhan ALLAH. Oleh sebab itu, bertobatlah, supaya kamu hidup!"

Pastor Oto menjawab :
Semua yg ada didalam hidup kita ini oleh karena kasih karunia Tuhan, jangan lihat dari segi pandangan perasaan manusia dalam menilai seperti kasus seperti ini. Kita akan diperhadapkan dengan perasaan manusia dan perasaan Tuhan. Itu tinggal kita memilih. Sekasihannya kita melihat seseorang ditembak mati, lebih lagi dan bahkan tidak kita bisa ukur hatinya Tuhan melihat itu. Didalamnya ada kasih karunia Allah yg tak dapat kita ukur ketika itu terjadi. Para Eksekusi utk penembak mati tidaklah dapat kita katakan sebagai kategori "Pembunuh" mereka adalah para eksekusi yang menjalankan sebuah tugas untuk mengakhiri hidup seseorang karena kesalahan2nya, disisi lain dari sepuluh orang Eksekusi penembak itu. Tidak ada satupun dari mereka yg tahu, dimana peluru yang sesungguhnya bersarang. Hanya satu orang yg dimasukkan peluru pada senjatanya, sehingga mereka tdk dikenakan dakwaan hatinya siapakah yg menembakkan peluru ke terhukum.Seperti yg Bro Ivan katakan, ada alat Tuhan yg disebut Pemerintah pada Roma 13 itu menjadi tanganNya utk setiap pemerintahan di bumi ini.Jadi sekali lagi, bukan masalah alkitab memperbolehkan membunuh atau terbunuh. Pointnya adalah setiap dosa yg kita lakukan ada konswekonsinya, tetapi disana tetap ada kasih karunia Allah yg mengampuni kita melalui pertobatan yg sungguh2. Sekali lagi bagi saya, yg paling penting bukan cara matinya kita yg dilihat. Tetapi roh kita yg pasti pergi kerumah Bapa. Bila kita melihat cara matinya Yesus menurut pandangan manusia adalah terlalu kejam, hina, tidak pantas etc.Tapi mari kembali melihat ada Kasih Karunia Tuhan didalam kehidupan kita di bumi ini.Ok itu aja, Tuhan memberkati.

Ivan Karel berpendapat :
Jawaban Pastor Otto terkait dgn pertanyaan ini Zus.Bagi penjahat itu lebih baik dia menerima kematian "sementara" itu daripada kematian kekal nanti.Dalam Alkitab hidup ada dua. Hidup di dunia ini dan hidup di sorga nanti.Allah bisa memberikan kesempatan seorang resedivis untuk menikmati hidup didunia ini namun Allah juga bisa berkehendak lain.Barabas yg dibebaskan dan mengganti Yesus itu menikmati hidup di dunia inisaja. Namun penjahat tsb tidak menikmati hidup di dunia ini tapi kelak diaakan mempunyai kehidupan yg kekal.

Terima kasih untuk pendapat2nya : Ngomong-ngomong Member Milis yang lain pada kemana nich..?? Ayo dong berkomentar !!!

Tidak ada komentar: