Selasa, 16 Desember 2008

Kepompong

Persahabatan bagai kepompong
mengubah ulat menjadi kupu-kupu
persahabatan bagai kepompong
hal yang tak mudah berubah jadi indah
persahabatan bagai kepompong
maklumi teman hadapi perbedaan
na nanananana..nanana nana...

Reff lagu kepompong ini memberi pelajaran yang singkat dan mendalam tentang persahabatan. Memang benar, idealnya persahabatan itu membawa dampak yang baik, yaitu perbaikan karakter masing-masing pribadi yang bersahabat (mengubah ulat menjadi kupu-kupu). tak bisa kita pungkiri lingkungan juga bisa membentuk karakter kita.

Persahabatan yang baik saling mematangkan karakter seperti besi menajamkan besi, demikianlah manusia menajamkan sesamanya (Amsal 27:17) Makanya jangan sampai salah memilih sahabat, karena pergaulan yang buruk bisa merusak kebiasaan yang baik 1Co 15:33 Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

Persahabatan yang sehat, akan meringankan beban kita (hal yang tak mudah berubah jadi indah), mereka adalah orang-orang yang ikut peduli dengan keadaan kita seperti tertulis dalam Pengkhotbah 4:10 Karena kalau mereka jatuh, yang seorang mengangkat temannya, tetapi wai orang yang jatuh, yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya!

Persahabatan merupakan satu synergi 2 orang untuk saling memberi kekuatan, bukan saling memanfaatkan untuk kepentingan diri sendiri. Pengkotbah 4:12 Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.

Persahabatan itu merupakan tempat praktik teori penerimaan tanpa syarat (maklumi teman hadapi perbedaan) gak peduli gendut, tak peduli dia kurus, tak peduli hitam atau putih, tak peduli suku apa..persahabatan mengajar kita untuk menerima segala bentuk perbedaan rekan kita dengan kasih.

Persahabatan bukanlah pertemanan yang sekedar kongkow-kongkow, haha hihi..persahabatan merupakan suatu area pembelajaran untuk saling mengenal, memahami dan menerima apa adanya.

Persahabatan..akan membawa dunia pada perdamaian yang hakiki

jadi....mari bersahabat...maklumi semua teman dan hadapi perbedaan yang ada dengan jiwa besar.

3 komentar:

yobel mengatakan...

Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.
Amsal 17:17

carilah sahabat yang seperti ini janganlah bersahabat dengan orang kebalikan nya. GBU

sahala napitupulu mengatakan...

Diatas segalanya, kita punya sahabat sejati, yang sangat mengerti siapa diri kita, kelemahan kita dan beban hidup kita. Ya, Yesus lah sahabat sahabat sejati itu..JBU.

Riris Ernaeni mengatakan...

Terima kasih untuk komentarnya :

@yobel :
benar, sahabat yang baik menurut alkitab memang demikian adanya, di alam nyata ini susah ya carinya

@pak sahala:
yaah Pak, kalau yang satu ini gak ada tandingannya. Bukan cuma mengubah ulat jadi kupu-kupu, tapi bisa mengubah hal yang buruk jadi sangat baik di pemandanganNYA