Jumat, 18 Januari 2008

Kehidupan dan Jetcoaster

Kita bisa belajar banyak dari Jetcoaster, permainan pemicu adrenalin yang ada di DUFAN. Jujur, ini salah satu permainan yang belum pernah aku sentuh seumur hidup. Takut
Tapi, biarpun tak semua kita pernah bermain jetcoaster...kita pasti pernah mengalami kehidupan layaknya di lintasan jetcoaster. Naik-turun- meliuk- terbalik- berputar- dan dalam kecepatan tinggi. Hiiy... syerem yaa? Ini menggambarkan titik-titik kritis dalam kehidupan kita. Ketika kita harus menyelesaikan masalah pelik, dan diburu waktu yang terus berputar cepat. Kita tidak bisa mengurangi bahkan menghentikan percepatan waktu yang ada. Namun kita harus mengalir di dalamnya.
Mari kita bersama-sama pelajari sesuatu yang indah dari permainan Jetcoaster ini :
1. Dilengkapi dengan pengaman
gak mungkin kan ketika kita naik jetcoaster cuma modal badan doang? Dalam permainan ini dilengkapi dengan ikat pinggang pengaman ganda. Jadi, meskipun kita lagi apes karena tiba-tiba listrik mati sementara dalam posisi terjungkal, kecil kemungkinan kita terjatuh.
Jika Tuhan membawa kita ke 'Jetcoaster-Nya', DIA juga melengkapi kita dengan alat-alat pengaman yang menjaga kita. Alat-alat pengaman itu berupa : ayat-ayat Firman Tuhan yang menguatkan, khotbah-khotbah Hamba Tuhan, nasihat-nasihat dari rekan-rekan atau kakak-kakak rohani... dst. Lebih dari itu, Tuhan memberikan pengaman berupa malaikat-malaikat bahkan Roh Nya sendiri, yang menguatkan, menghibur, menolong dan memampukan kita.
Jadi, jangan takut dan panik jika Tuhan mengajak kita bermain jetcoaster-Nya, karena dijamin aman dan gak bakalan binasa. Tuhan tau kekuatan kita, keterbatasan kita, dan pastinya sudah diukur supaya tidak terjadi kerusakan bagi jiwa kita.
Mzm 37 : 23-24
TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.
2. Selalu Dalam Kecepatan Tinggi untuk Melawan Hukum Gravitasi
Di saat-saat Kritis, kita sering merasa berbenturan dengan waktu. Maksudku, ada banyak masalah yang penyelesaiannya membutuhkan waktu yang cepat, sementara habisnya waktu juga cepat. Kita tetap hanya dikasih waktu 7 hari seminggu, 24 jam sehari.
Kita sering stress kehidupan seolah tak ada harapan. Pasrah dengan keadaan dan berputus asa seolah tak ada lagi pertolongan, apa yang bisa kita lakukan :
- Nantikan Tuhan
- Nikmati permainan
- percayalah, bahwa untuk orang2 yang DIA cintai, Tuhan punya banyak sekali hukum yang berlaku di atas segala hukum di bumi ini. Pendek kata, jika Tuhan berkenan DIA sanggup untuk memutar balikkan hukum alam termasuk gravitasi.
salah satu tujuan kecepatan tinggi dalam permainan jetcoaster (menurut hemat saya) adalah untuk tidak memberikan kesempatan bagi berlakunya 'hukum gravitasi'.
3. Berteriaklah (Datanglah) Pada Pribadi Yang Tepat
Curhat boleh dan sah-sah saja untuk meringankan hati kita yang terbeban karena adanya masalah. Tapi, jika kita salah memilih teman curhat maka yang kita dapatkan hanyalah masalah baru seperti : digosipin, dilemahkan dengan komentar2 yang negativ, bahkan diberikan nasihat-nasihat yang menyesatkan.
Jadi lebih baik, datanglah kepada hamba-hamba Tuhan untuk curhat dan mendapatkan nasihat yang alkitabiah. Dan yang paling tepat, Datanglah kepada Tuhan, yang tidak hanya memberikan kelegaan, tapi juga memberikan jalan keluar, serta hikmat untuk menambah pengertian tentang hidup dan pengenalan akan DIA.
Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. 30 Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan." Mt 11 : 28-30
4. Tetap Tinggal Di dalam Tuhan dan Nantikan PertolonganNYA
Coba kamu bayangin, kalo kita panik ketika main jetcoaster terus saking takutnya kita melepaskan sabuk2 pengaman padahal permainan sedang dalam kecepatan tinggi dan menukik, apa yang akan terjadi?... Yup, betul. Kita pasti akan jatuh dan binasa.
Guys, ketika kita dalam masalah mungkin terbesit dalam keinginan kita untuk meninggalkan DIA. Karena dimata kita, orang2 yang gak peduli tentang DIA hidupnya aman2 aja dan bebas dari segala masalah dan tekanan kita (sekali lagi di mata kita).
Ada satu kalimat yang saya ingat dari seorang hamba Tuhan. Kalau kita yang tinggal di dalam Tuhan saja ada masalah apa lagi mereka yang memilih untuk tinggal di luar Tuhan. Bedanya, di dalam Tuhan ada harapan dan pertolongan.. sementara di luar itu?? You know what the answer.
Isa 40:31 tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.
5. Permainan Itu Pasti ada akhirnya
Semahal, secanggih, serumit apapun sebuah permainan. Pasti akan ada waktunya berhenti. Begitu juga kita harusnya menyikapi hidup dengan segala permasalahannya. Sepelik apapun masalah yang kita hadapi pasti akan ada akhirnya. Dan akhir dari masalah itu tergantung dari kita menyikapinya. Jika kita tetap pada Jalur-Nya kita dijamin selamat dan naik tingkat, jika tidak? maka masalah itu hanya akan menjadi kenangan yang memilukan.
Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah (Mzm 55 : 22-23)
Jadi Guys,
1Co 15:58 Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.
Maka kita akan bisa menikmati permainan itu dengan suka cita dan menjadikannya pengalaman hidup berharga. Percayalah, kita ini lebih dari pemenang.
Selamat menikmati permainan bersama Tuhan dan bertambah pengalaman rohani bersamaNYA. Suka cita dan damai sejahtera Allah kiranya menyertai dan memenuhi kehidupan kita semua. Amien

Tidak ada komentar: