Kamis, 15 Agustus 2024

Memaknai Usia Senja di dalam Tuhan

 Ringkot Rayon 7, 14 Agustus 2024

Ultah Pernikahan ke 50th Pak Suroso dan bu Titin

Bpk. Pdt. Jonathan Johanes


Dalam potography ada keindahan sinar matahari yaitu saat terbit (sunrise) dan saat terbenam (sunset). Demikian juga dengan usia senja juga memiliki keindahan tersendiri. Cahayanya mungkin meredup tetapi bisa dinikmati dari cahaya yg temaram itu.

Demikian juga dengan hidup manusia, meskipun mengalami masa meredupnya cahaya namun selalu ada makna indah yang terpancar.


Untuk memberi arti dalam usia senja :

Lukas 2 : 22-40
Hana : nabiah  yang selalu berdoa puasa di bait Allah setelah dia menjanda
Simeon : nabi (awam) yang merindukan kedatangan Mesias

Mereka berdua orang-orang Saleh. Ketika dia melihat Penebus dan Mesias maka dia siap menghadap Tuhan-nya.

1. Hanna tekun mengerjakan pekerjaan bagi Allah, tekun berdoa. Simeon hidup bergaul erat dengan Roh Kudus (ay 27a)

2. Mengucap syukur untuk semua yang kita rasakan dan alami

1 Tesalonika 5:18
Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Meskipun manusia lahiriah makin merosot namun secara ronahi ataupun manusia batiniah kita mesti makin kuat.

3. Menambah kekuatan batin kita dengan cara hidup benar dan saleh (Luk 2:25). Agar hidup kita benar-benar menjadi teladan yang baik bagi generasi yang lebih muda.

2 Korintus 4:16
Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.

Perhatikan bagaimana kita hidup yang beres sesuai dengan kehendak Allah; membuang segala pahit hati, mengampuni mereka yang sudah menyakiti hati kita, dan sebagainya.

4. (25-26) hidup dalam pimpinan Roh Kudus. Orang yg dipimpin Roh Kudus akan mengalami pimpinan Tuhan dalam melangkah menjalani kehidupan kita. Ke tempat-tempat yang dikehendaki Tuhan. Juga mengalami pimpinan Tuhan dalam menjalani hidup sesuai dengan kehendak Allah

5.(38) berbicara tentang Yesus - bersaksi tentang Yesus kepada semua orang bahwa Yesus adalah Mesias yang dinantikan selama ini. Jadilah saksi meskipun sudah sampai di usia senja.

Janji Tuhan kepada kita adalah :
Yesaya 46:4 (TB)  Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.



Tidak ada komentar: