Minggu, 19 Mei 2024

Roh Kudus Dalam Kehidupan Gereja

Ringkot, 19 Mei 2024


Bpk. Pdt. Nixon Panjaitan
GPdI Lembah Pujian - Ngunut

Kis 2 : 1-17

Beberapa simbol tentang Roh Kudus (ayat 2 dan 3) :
• Lidah api yang menyala, artinya Roh Kudus itu memiliki sifat : bercahaya, menjalar (berdampak), menghangatkan, dan memberikan semamgat
• Tiupan angin keras

Salah satu tanda bahwa seseorang penuh Roh Kudus adalah berbicara dalam bahasa lain sesuai yamg diberikan Roh Kudus kepadanya. Dalam bahasa roh mereka mengucapkan perbuatan-perbuatam Allah yang besar. Bahasa roh penting untuk membangun diri sendiri. Jika bahasa roh muncul dalam pertemuan ibadah maka pasti akam ada yang diberikan karunia untuk menafsirkan sehingga ucapan roh itu bermanfaat bagi orang lain dan membangun kehidupan jemaat

Roh Kudus tidak jauh dari kita. Dia ada di dekat kita bahkan ada dalam kehidupan kita. Ikut bergerak dalam hidup kita. Dia yang memperingatkan kita saat melakukan dosa atau perbuatan yang tidak diperkenan oleh Tuhan. Dia yang menolong kita untuk tetap taat kepada Firman Tuhan. Jangan dukakan Roh Kudus dengan mengabaikan setiap peringatan yang diberikan. Roh Kudus juga yang memampukan kita untuk mentaati setiap Firman Tuhan.

Roh Kudus memenuhi jemaat terjadi saat : bertekun, bersehati, dan berdoa. Persekutuan dan pergaulan kita mempengaruhi cara pikir dan cara bertindak kita.

Roh Kudus dicurahkan kepada :
1. Kepada orang yg Percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.
2. Setia mengikut Tuhan dan mau menantikan janji Tuhan
3 . Kepada yang sudah teruji imannya dan taat kepada perintah Tuhan.
4. Orang, Gereja, Kelompok yang memiliki ajaran yang sehat.

Mengapa hanya 120 orang yang menerima kepenuhan? Kemanakah orang-oramg yang sudah alami pertolongan Tuhan? Mereka  Yohanes 6:66 (TB)  Mulai dari waktu itu banyak murid-murid-Nya mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia. - - saat itu baru saja diberitakan tentang penderitaan Yesus.

Fungsi Gereja
Koinonia : persekutuan
Diakonia : sosial
Marturia : bersaksi tentang Kristus dimanapun berada sebagai apapun kita dalam keseharian kita

Sehingga gereja yang dipenuhi Roh Kudus akan :

1. Menjadi Saksi Kristus

Jika Roh Kudus menguasai kita maka seluruh aspek hidup kita dikuasai dan berpusat pada Tuhan Yesus. Sehingga mampu untuk bersaksi dengan berani

Kisah Para Rasul 4:31 (TB)  Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.

Orang yang dipenuhi Roh Kudus pasti akan memiliki keberanian untuk bersaksi dan bersikap dalam Tuhan seperti Petrus dan Yohanes yg dikenal sebagai orang biasa dan tidak terpelajar, namun sanggup bangkit berkotbah dengan berani tentang karya Tuhan (Kisah 4 : 13)


2. Menyukai ajaran yang sehat dan murni.

Akan datang masa penyesatan yang tidak disadari oleh banyak orang :
2 Timotius 4:3-4 (TB)  Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya.
Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.


Tidak lagi menyukai Firman Allah yang murni, tidak menyembah dengan benar sesuai dengan kebenaran. Memilih ajaran-ajaran yang menyukakan hasrat dan nafsu semata.

3. Setia dalam nilai kekekalan
Ketika Roh Kudus menguasai kita maka kita akan setia untuk berada dalam nilai-nilai kekekalan atau nilai-nilai kerajaan Sorga. Mampu untuk fokus dengan kebenaran Firman Tuhan. Kesetiaan dalam ibadah, berbagi, saling peduli, dan saling mendukung baik materi ataupun rohani.

Tidak ada komentar: