Minggu, 21 Mei 2023

Peran Penting Roh Kudus

 Ringkot, 21 Mei 2023


Pdm. Jonathan Johanes


(Yoh 14:15-17)


A. Sebagai Penghibur / Penolong, bertugas untuk tinggal dalam hidup orang percaya dan menyertai orang percaya untuk selama-lamanya (ay 16) opeh sebab itu kita wajib menyadari bahwa Roh Allah bersama dengan kita, tinggal dalam hidup kita. Sehingga tubuh kita disebut sebagai bait Tuhan (I Kor 3:16). Untuk ini Roh Kudus berperan aktif :


  1. Sebagai pemimpin dalam kebenaran (Titus 3:5). Tuhan memampukan kita berubah sesuai kehendak-Nya dan berbuah dalam Roh (Gal 5:22)
  2. Mengajar agar mengerti Firman Tuhan (Yoh 14:26B) semakin kita memahami dan mengerti Tuhan semakin kita merasa bahwa masih banyak yang belum kita pahami dan ketahui.
  3. Mengingatkan kita kepada Firman Tuhan yang sudah pernah disampaikan (Yoh 14:26B)
  4. Menginsyafkan dari dosa (Yoh 16:8) menginsyafkan kita dari dosa, mengajarkan tentang kebenaran, mengingatkan selalu tentang penghakiman. Agar orang percaya menjadi selamat. Proses penginsyafan seperti memindahkan orang dari gelap kepada terang. Sehingga nampak semua kenajisan yang sudah mengotori diri.


B. Sebagai Roh Kebenaran (Yoh 16:13) 


1. Yang memimpin kita dari satu kebenaran kepada kebenaran yang lain. Roh Kudus menyampaikan segala sesuatu yang didengar-Nya, Dia juga bahkan memberitahukan hal-hal yang akan terjadi.

2. Memuliakan Yesus (Yoh 16:14)


2 komentar:

Y.Sulistiono mengatakan...

Amien, Halleluya 👍👍🙏🙏

Anonim mengatakan...

Puji Tuhan ....🙏🙏